courtesy youtube |
Demi mendukung tingkat keamanan lebih tinggi, sepeda motor keluaran terkini kala ini kebanyakan telah dibekali pengereman jenis disc brake alias cakram. Bicara jenisnya, rem cakram terbagi menjadi tiga jenis, yakni fix, semi floating, dan floating.
Apa perbedaannya?
Mengutip dari situs biketorqueracing.co.uk, cakram jenis fix dicirikan dengan piringan yang lantas terbaut ke pelek. Produksi cakram jenis fix relatif murah, tidak heran kalau jenis cakram ini banyak ditemui di motor cc kecil.
Cakram jenis fix memang dapat bertindak amat bagus dalam keadaan tertentu, tapi jikalau cakram mengalami panas yang berlebih, karenanya cakram tak bisa memuai atau berkembang sebab mereka tak mengambang.
courtesy maskakank |
Kemudian untuk jenis rem cakram Semi Floating cirinya, antara komponen cakram dan dudukan yang terikat ke pelek adalah komponen terpisah. Jadi komponen cakram paling luar akan mengambang (floating). Cakram tipe Semi Floating biasanya banyak dipakai motor berkapasitas 250 cc ke atas.
courtesy bikebandit |
Berikutnya untuk jenis rem cakram Floating, komponen terluar cakram benar-benar terpisah dari dudukan utama. Rem cakram jenis floating umumnya diaplikasikan untuk kepentingan balap. Cakram floating terdiri dari tiga komponen bagian, rotor carrier, float buttons, dan brake rotor.
Desain mengambang ini bermanfaat mencegah cakram tak penyok atau melengkung pengaruh temperatur panas tinggi ketika pelaksanaan pengereman dengan intensitas tinggi.
0 Response to "Yuk Mengetahui Macam-Macam Rem Cakram: Fix, Semi Floating, Floating, Apa Bedanya?"
Posting Komentar