Kenapa Motor Sekarang Jarang Pakai Kick Starter?

 
Kenapa Motor Sekarang Jarang Pakai Kick Starter?

Kenapa Motor Sekarang Jarang Pakai Kick Starter?


Perkembangan teknologi dan perubahan preferensi konsumen menjadi alasan utama mengapa banyak motor modern, terutama skuter matik, sudah tidak lagi dilengkapi dengan kick starter.

Beberapa alasannya adalah:

    Electric starter lebih praktis: Mayoritas pengendara lebih memilih kenyamanan electric starter yang hanya dengan menekan tombol, motor sudah menyala.
    Hasil survei: Berdasarkan hasil survei, sebagian besar pengguna motor mengaku jarang sekali menggunakan kick starter.
    Perbaikan desain: Desain motor modern semakin minimalis. Menghilangkan kick starter membuat tampilan motor lebih bersih dan modern.
    Pertimbangan biaya: Produksi motor tanpa kick starter bisa lebih efisien dan menekan biaya produksi.
    Bobot lebih ringan: dengan dihilangkannya part kick starter dapat mengurangi bobot motor sehingga lebih ringan meskipun sedikit.

Lalu bagaimana jika ada masalah dengan elektrik starter jika kick starter dihilangkan? Faktor utama masalah pada elektrik starter biasanya karena kondisi aki yang menurun, oleh karena itu pada motor modern saat ini sudah disematkan indikator kesehatan aki pada speedometer, sehingga pengendara bisa mengetahui daya aki masih fit atau telah menurun, untuk dapat dilakukan charge ulang atau ganti aki baru

Meskipun begitu, ada juga beberapa motor, terutama motor bebek atau motor sport, yang masih mempertahankan fitur kick starter sebagai cadangan jika terjadi masalah pada aki.

Related Posts:

0 Response to "Kenapa Motor Sekarang Jarang Pakai Kick Starter?"

Posting Komentar